Kamis, 30 Januari 2014

ADA PESONA KALIMANTAN SELATAN DI MTsN ANGKINANG

JUM'AT, 31 JANUARI 2014


Perpustakaan Darul Fikri MTsN Angkinang memiliki koleksi buku yang paling sering  dibaca oleh siswa. Selain karena jumlahnya terbatas, hanya sebuah. Juga  karena merupakan buku lama yang terbit sekitar tahun 1990-an. Yakni buku Pesona Kalimantan Selatan. Buku itu merupakan hadiah dari Pemprov  Kalsel untuk MTsN Angkinang.

Foto-foto yang memuat tentang Kalsel  menarik perhatian siswa untuk diketahui dan dicermati. Buku setebal 264  halaman terbit dimasa pemerintahan Gubernur Kalsel Ir. HM. Said. Buku  tersebut berukuran panjang 35 cm dan lebar 25 cm.
Salah seorang  siswa MTsN Angkinang, M. Fauzan Nafarin, siswa Kelas VIII D, sangat  menyukai buku ini. Ia terlihat membolak-balik buku itu di ruang baca  Perpustakaan Darul Fikri saat jam istirahat, Selasa (21/01). “ Dengan buku ini bisa menambah wawasan  dan pengetahuan saya tentang Kalsel,” kata Fauzan.
Yang disukai  Fauzan pada buku Pesona Kalimantan Selatan antara lain pada halaman  112-133. “ Pada halaman tersebut diulas tuntas tentang budaya masyarakat   pegunungan Meratus, terutama tentang Loksado, Kabupaten Hulu Sungai  Selatan (HSS). Ada foto orang membuat lanting paring, balai Dayak Meratus, kehidupan masyarakat Loksado, kesenian Dayak Meratus, dan  ritual keagamaan,” tutur Fauzan.

Sementara itu salah seorang  pengelola Perpustakaan Darul Fikri, Mahmudin, berharap buku tersebut  bisa dijaga bersama-sama jangan sampai rusak. “Buku itu tidak boleh  dibawa pulang. Hanya dibaca di Perpustakaan saja. Selesai dibaca oleh  siswa biasanya saya simpan di lemari khusus. Bila ada yang ingin  membaca  baru dikeluarkan,”ujar Mahmudin. (akhmad husaini) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar