Kepala Tata
Usaha (TU) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai
Selatan (HSS), Hj Fahriani mengikuti kegiatan Penguatan Ketatausahaan Madrasah
Tahun 2015 yang dilaksanakan pada Senin s.d Rabu , 6 s.d 8 Juli 2015. Bertempat
di Hotel Amaroossa Jl Otto Iskandardinata No 84 Bogor, Jawa Barat Kode Pos
16126.
Kegiatan ini
digelar rangka peningkatan kompetensi, mutu tata kelola, dan manajemen
ketatatusahaan madrasah diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah. Hj
Fahriani mewakili Kalimantan Selatan untuk kuota peserta Kepala TU MTs. Dari
Kalsel ada tiga peserta, dua lainnya adalah Kepala MI. Sementara untuk seluruh
Indonesia pesertanya berjumlah 60 orang. Merata pesertanya setiap provinsi dari
Aceh hingga Papua.
Hj Fahriani
menyampaikan, ketentuan peserta mengikuti kegiatan ini menyerahkan surat tugas
dari unit kerja masing-masing kepada panitia, membawa laptop/notebook, peserta
mendapat fasilitas akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung serta
uang harian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, peserta
ditanggung biaya perjalanan Pulang-Pergi (PP) berupa tiket dari ibukota
provinsi setempat ke lokasi kegiatan dengan menggunakan pesawat terbang kelas
ekonomi, kecuali peserta dari provinsi Jawa Barat sebagai peserta lokal.
Peserta wajib
menyerahkan bukti tiket asli Pulang-Pergi (PP), airport tax dan boarding pass
pesawat pada saat registrasi / check-in
kepada panitia, panitia tidak akan menanggung semua akibat adanya peserta
diluar ketentuan yang telah ditentukan, keterangan lebih lanjut dapat
menghubungi nomor telepon : 081321152786 (Sdr Anto Irianto) atau 085284435090
(Sdri Yuli Kurniati). Direktur Pendidikan Madrasah Prof Dr Phil HM Nur Kholis
Setiawan, MA.
Hari pertama 6
Juli 2015 peserta check-in dan
mendapatkan arahan dan pembukaan kegiatan. Arahan disampaikan oleh Prof Dr Moh
Isom Yusqi, M.Ag, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag RI, dengan
moderator Kasubag TU. Hari kedua, 7 Juli 2015 pukul 07.30-10.30 WIB Fungsi dan
Peran Tata Usaha Madrasah dalam Peningkatan Mutu Madrasah dan Program-Program
Mandatory bersama M Munir, S.Ag, MA (Kasubag Tata Usaha Direktorat Pendidikan
Madrasah) dengan moderator Ety Herawaty. Pukul 10.30-10.45 WIB istirahat.
Kemudian pada
pukul 10.45-11.45 WIB Tata Kelola dan Pelaporan Keuangan Madrasah bersama
Maryatun Sanusi, S.Sos Kabag Keuangan Ditjen Pendis Kemenag RI dengan moderator
Setio Kusnaningsih. Pukul 11.45-12.45 WIB istirahat dan shalat. Pukul
12.45-14.45 WIB kelanjutan dari materi sebelumnya. Pukul 14.45-15.45 WIB
Manajemen Perencanaan Madrasah bersama Kastolan, M.Si Kabag Perencanaan dan
Sistem Informasi Ditjen Pendis Kemenag RI dengan moderator Afitjam Sucri.
Pukul
15.45-16.00 WIB istirahat dan shalat. Kemudian pada pukul 16.00-18.00 WIB
Manajemen Perencanaan dan Penganggaran Madrasah (lanjutan) oleh Kastolan, M.Si
dengan moderator Afitjam Sucri. Pukul 18.00-19.30 WIB break buka puasa. 19.30-22.30 WIB Tata Kelola Administrasi dan
Persuratan / Arsip Madrasah pemateri dari Arsip Nasional RI, dengan moderator
Anto Irianto.
Pada hari ketiga
8 Juli 2015 pukul 07.30-10.30 WIB Kebijakan Penganggaran Direktorat Pendidikan
Madrasah Tahun 2015 bersama Prof Dr Phil HM Nur Khalis Setiawan, MA Direktorat
Pendidikan Madrasah Kemenag RI dengan moderator Taufan Angga Kusuma.
09.00-10.30 WIB Evaluasi dan Diskusi. 10.30-11.00 Penutupan. 11.00-12.00 WIB
Penyelesaian Administrasi dan check out.
(akhmad
husaini)